RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD PL
Gunung Brintik
Kelas / Semester :
1 /2
Tema : Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku (Tema 7)
Sub Tema : Benda Hidup dan
Tak Hidup di Sekitar Kita (Sub Tema 1)
Muatan
Terpadu : B Ind, PPKn, SBdP
Pembelajaran
ke : 1
(Satu)
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah menyanyikan lagu, siswa
dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.
2.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.
3.
Setelah membaca teks lagu, siswa
dapat menunjukan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara lisan dengan
tepat.
4.
Setelah membaca teks, siswa dapat
menujukkan kosa kata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan
benar
5.
Melalui kegiatan identifikasi
gambar benda, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.
6.
Setelah berdiskusi, siswa dapat
menggunakan kosa kata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan tepat.
7.
Setelah mengamati gambar lambang
negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan
simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
8.
Setelah mengamati gambar lambang
negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila dengan
benar.
9.
Setelah mengamati contoh, siswa
dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca
Doa (Orientasi) v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
10 menit |
Kegiatan Inti |
(Sintak Model
Discovery Learning) Ayo Bernyanyi v
Siswa mengidentifikasi
perbedaan panjang bunyi dari lagu yang diperdengarkan..(HOTS) v
Siswa berlatih
menyanyikan lagu “Topi Saya Bundar.”(Creativity and Innovation) v
Siswa memperhatikan
tanda yang ada pada lirik lagu. v
Siswa berdiskusi
tentang benda lain yang memiliki kesamaan dengan topi, baik kesamaan fungsi
ataupun kesamaan ciri.(Critical Thinking and Problem
Formulation) Ayo Berlatih v
Setelah mengenal
perbedaan benda hidup dan tak hidup, siswa mengamati berbagai benda yang ada
di sekitar. Kemudian siswa mengelompokkan ke dalam benda hidup dan tak hidup.(HOTS) v
Siswa mengamati
berbagai gambar benda, lalu menggunting dan menempel pada tempat yang
tersedia.(Ctreativity and Innovation) v
Siswa mengidentifikasi
keberadaan benda di kelas sesuai daftar yang diberikan.(HOTS) v
Siswa melengkapi
kalimat sesuai dengan materi yang sedang dipelajari.(Creativity and Innovation) Ayo Mengamati v
Siswa Mengikuti lomba
menunjukkan atau menyusun gambar lambang negara Pancasila.(Creativity
and Innovation) Ayo Berlatih v
Siswa mengamati contoh
mendeklamasikan sila ke-4. v
Siswa mendeklamasikan
bunyi sila ke-4 secara bergantian. |
150 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
v Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama
dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah
sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri) |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian Sikap : Observasi
selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Ketrampilan
Mengetahui Kepala Sekolah, Agustinus Sarjan,
S. Pd |
Semarang
... Maret 2020 Guru kelas 1 M Christina SP |