Business

ads
Powered by Blogger.

Videos

Column Left

Column Right

Gallery

Recent Posts

Facebook

Featured Posts

Recent Posts

HAMMERHEAD SHARK

  HAMMERHEAD SHARK Hiu martil  dari genus  Sphyrna  adalah anggota dari famili  Sphyrnidae . Satu-satunya genus selain Sphyrnidae,  Eusphy...

Search This Blog

Blog Archive

Featured Video

Video Example

Feat

Carousel

Video Of Day

Video Example

Recent in Sports

Breaking News

    ?max-results="+numposts5+"&orderby=published&alt=json-in-script&callback=recentarticles1\"><\/script>");

Sponsor

Widget Random Post No.

Flickr Images

Popular Posts

Popular Posts

Fashion

ads

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 1 SD SEMESTER GENAP B Ind, PPKn, SBdP

 

  





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan        : SD PL Gunung Brintik 

Kelas / Semester           :  1 /2

Tema                            :  Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku (Tema 7)

Sub Tema                     :  Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  B Ind, PPKn, SBdP

Pembelajaran ke            :  1 (Satu)

Alokasi waktu                :  1 hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.

2.   Setelah mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.

3.   Setelah membaca teks lagu, siswa dapat menunjukan kosa kata tentang berbagai jenis benda  di lingkungan sekitar secara lisan dengan tepat.

4.   Setelah membaca teks, siswa dapat menujukkan kosa kata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar

5.   Melalui kegiatan identifikasi gambar benda, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan tepat.

6.   Setelah berdiskusi, siswa dapat menggunakan  kosa  kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan tepat.

7.   Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan  simbol sila keempat Pancasila dengan benar.

8.   Setelah mengamati gambar lambang negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.

9.   Setelah mengamati contoh, siswa dapat mendeklamasikan bunyi sila kelima Pancasila.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

10

menit

Kegiatan

Inti

(Sintak Model Discovery Learning)

Ayo Bernyanyi

v Siswa mengidentifikasi perbedaan panjang bunyi dari lagu yang diperdengarkan..(HOTS)

v Siswa berlatih menyanyikan lagu “Topi Saya Bundar.”(Creativity and Innovation)

v Siswa memperhatikan tanda yang ada pada lirik lagu.

v Siswa berdiskusi tentang benda lain yang memiliki kesamaan dengan topi, baik kesamaan fungsi ataupun kesamaan ciri.(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Berlatih

v Setelah mengenal perbedaan benda hidup dan tak hidup, siswa mengamati berbagai benda yang ada di sekitar. Kemudian siswa mengelompokkan ke dalam benda hidup dan tak hidup.(HOTS)

v Siswa mengamati berbagai gambar benda, lalu menggunting dan menempel pada tempat yang tersedia.(Ctreativity and Innovation)

v Siswa mengidentifikasi keberadaan benda di kelas sesuai daftar yang diberikan.(HOTS)

v Siswa melengkapi kalimat sesuai dengan materi yang sedang dipelajari.(Creativity and Innovation)

Ayo Mengamati

v Siswa Mengikuti lomba menunjukkan atau menyusun gambar lambang negara Pancasila.(Creativity and Innovation)

Ayo Berlatih

v Siswa mengamati contoh mendeklamasikan sila ke-4.

v Siswa mendeklamasikan bunyi sila ke-4 secara bergantian.

150

menit

 

Kegiatan

Penutup

v Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua. (Mandiri)

15

menit

 


 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian  Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

                            Agustinus Sarjan, S. Pd

 

Semarang    ... Maret 2020

Guru kelas 1 

 

 

 

M Christina SP

 

 

 

0 Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 1 SD SEMESTER GENAP B Ind, PPKn, SBdP "

Back To Top